goa gong pacitan

Goa Gong Pacitan.
Goa Gong adalah salah satu goa yang mengagumkan keindahan stalagtik dan stalagmitnya yang masih utuh berupa batu onyx dan batu kristal. Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan.
Dinamakan Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Perjalanan menuju goa ini relatif mudah, dengan jalanan setapak yang sudah diperbaiki dengan baik.
Sepanjang jalan menuju Goa Gong akan melewati pegunungan kapur di kanan kiri jalan dan perbukitan yang dengan goa-goa di dalamnya. Selain itu, pohon jati di pinggiran bukit juga menjadi pemandangan menyejukkan mataMenurut cerita warga setempat, awal mulanya Goa Gong ditemukan sekitar tahun 1930 oleh dua penduduk lokal, yaitu Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo yang hendak mencari mata air karena kondisi Dusun Pule saat itu dilanda kemarau panjang. Dengan menggunakan obor yang terbuat dari daun kelapa kering yang diikat, mereka mecoba menelusuri lorong-lorong goa. Setelah menghabiskan tujuh ikat obor, mereka menemukan beberapa sendang dan mandi di dalamnya.
Jangan membayangkan keadaan goa yang gelap dan menakutkan, karena saat masuk ke mulut goa yang sejauh 300 M, pengunjung akan menikmati goa Gong ini dengan nyaman. Tidak benar-benar terang, tapi goa Gong di fasilitasi dengan cahaya lampu yang temaram di sepanjang jalan masuknya. Hal ini yang menjadikan goa Gong lain dari goa-goa yang lain di Pacitan.selamat berwisata di goa gong pacitan.
 

2 Responses to "goa gong pacitan"

  1. benar benar indah dan menakjubkan ciptaan TUHAN,boleh juga jika ke sana

    ReplyDelete

close
close